Kekeliruan Digital Marketing yang Harus Dihindari di 2022

Kekeliruan Dalam Mengerjakan Digital Marketing

Apakah Anda cemas melaksanakan Kekeliruan dalam menjalankan digital marketing? Atau Anda merasa tidak yakin dengan strategi komputerisasi marketing yang direncanakan selama ini akan mewujudkan ROI yang baik?

Sebagai pebisnis dan marketers, kita mengenal bahwa kampanye komputerisasi marketing yang berhasil memerlukan waktu dan usaha untuk mengembangkan dan melaksanakannya. Mulai dari menjalankan riset pasar, mengkaji data, memutuskan tujuan kampanye, dan sebagainya.

 

 

Untuk menghindari kekhawatiran hal yang demikian, sebaiknya Anda simak 8 kekeliruan digital marketing yang tak jarang terjadi dan bagaimana cara mengatasi hal-hal hal yang demikian.

 

8 Kekeliruan yang Semestinya Dihindari Saat Mengerjakan Komputerisasi Marketing

1. Tidak Mengenal Tujuan Kampanye Komputerisasi Marketing

Kekeliruan pertama yang tak jarang dilaksanakan oleh business owner ialah tidak mengetahui tujuan kampanye digital marketing yang dijalankan. Bila Anda tidak menetapkan tujuan sedari awal, kampanye Anda tidak akan berhasil sedangkan sudah berusaha untuk mengoptimalkannya.

Sekadar mencontoh trend untuk terjun ke dunia komputerisasi marketing sebab rekan bisnis dan kompetitor sukses mengerjakannya, bukanlah alasan kuat bagi Anda untuk melakukan kampanye digital marketing.

Tak adanya tujuan dan tolak ukur, berarti memungkiri keberhasilan kampanye yang dikerjakan serta tak mengenal alasan dibalik kesuksesan bisnis Anda.

 

 

Bagaimana Cara Mengatasinya?
Berikutnya pertama yang semestinya Anda lakukan yakni mempertimbangkan tujuan yang ingin Anda raih dengan komputerisasi marketing. Apakah Anda berkeinginan meningkatkan brand awareness? Mendatangkan leads? Atau meningkatkan konversi penjualan produk atau bisnis secara digital?

Namun, Anda juga bisa menentukan target dengan memutuskan key performance indicator (KPI). Adanya KPI mempermudah Anda untuk mengukur keberhasilan aktivitas komputerisasi marketing yang sedang dilaksanakan lho!

2. Menargetkan Audiens yang Salah

Sudahkah Anda menargetkan audiens yang tepat?

Mungkin belakangan ini Anda menerima hasil metrik yang memuaskan, dimana terjadi peningkatan jumlah visitor laman atau jumlah orang yang mengisi lead form pada konten iklan atau laman.

Karena, apakah mereka target audiens Anda yang sebenarnya?

Anda perlu menjalankan identifikasi data secara menyeluruh, apakah mereka layak dengan sasaran market yang berkeinginan Anda sasar selama ini? Kecuali, ada kemungkinan mereka cuma asal mengisi form yang tersedia karena Anda salah menempatkan iklan digital.

Banyak pebisnis dan perusahaan yang berkeinginan menyasar semua lapisan audiens, karena mereka berkeinginan menjangkau pasar seluas-luas nya tanpa memikirkan korelasi antara keperluan audiens dan produk/jasa yang ditawarkan.

 

 

Cara itu, banyak pula pebisnis atau perusahaan yang sudah mengetahui siapa target yang mau disasar, tapi terbukti mereka salah identifikasi. Sehingga, usaha nya selama ini terbuang sia-sia!

Bagaimana Metode Memecahkannya?
Anda perlu meninjau ulang komputerisasi platform yang dipilih ketika mengerjakan ads, juga mengganti konten atau call to action yang lebih menarik perhatian sasaran audiens Anda.

Jangan pernah lelah untuk menjalankan riset dan test berulang-ulang kali untuk menetapkan audiens mana yang benar-benar beratensi untuk mengaplikasikan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Kemudian Anda juga bisa membentuk marketing personas yang bisa Anda dapatkan dari data pelanggan sebelumnya, terdiri dari:

  • Demografi
  • Aktivitas (interest)
  • Kultur yang mereka lakukan sehari-hari
  • Sesudah audiens dalam memakai komputerisasi platform.

 

Jasa Ketik Artikle Seo Berkulitas

Bahkan itu, Anda perlu melakukan analisa mendalam mengenai personas yang mereka miliki. Kian, Anda juga dapat menambahkan siapa saja orang yang mengunjungi website atau media sosial, apa yang mereka cari atau butuhkan, sampai konten mana yang paling disukai.

Mengacuhkan dalam analisis yang Anda lakukan, maka semakin spesifik pula sasaran audiens yang mau Anda sasar. Sehingga Anda dapat lebih konsentrasi memegang taktik iklan terhadap audiens yang pas, sekaligus memberi tahu konten yang akan dilihat audiens di waktu yang pas.

3. Web Tampilan Laman

Laman yaitu hal utama yang seharusnya dilihat dalam dunia digital marketing. Selain tampilan website, yang menjadi first impressions sebelum audiens mengambil keputusan. Sayangnya, masih banyak pebisnis yang mengesampingkan tampilan web bisnis mereka.

Metode tampilan website, Anda juga perlu memiliki website yang user friendly! Tujuannya untuk memberikan kenyamanan audiens, memberikan info yang terang, serta gampang diterapkan dikala audiens mengunjungi laman Anda.

Metode Anda menyampingkan dua poin ini, maka jangan heran kalau customer beralih membeli atau menggunakan produk/jasa dari saingan.

Bagaimana Cara Menuntaskannya?
Ubah tampilan situs Anda dengan design yang lebih menarik dan nikmat dilihat, sebab nya tampilan laman bisa menambah nilai bisnis Anda lho! Kencang lupa, pastikan bahwa situs Anda telah user friendly, dengan memerhatikan hal-hal berikut:

Mobile friendly – pastikan tiap faktor yang terdapat pada laman gampang dijangkau, gampang menonjol, dan mudah diterapkan oleh user.

Apabila dan responsif – pastikan website Anda memiliki loading speed yang pesat. Cara situs Anda lama terbuka, kemungkinan besar user akan seketika menutup website situs dan pergi ke web lainnya.

4. Web Search Engine Optimization (SEO)

Apabila Search Engine Optimization (SEO) yaitu salah satu upaya, calon customer menemukan situs bisnis Anda lewat search engine, seperti Google. Cara Anda belum mengimplementasikan SEO pada strategi komputerisasi marketing, karenanya kesempatan Anda untuk mendapatkan customer yang potensial malahan akan sirna.

Sistem itu, banyak pula pebisnis pun perusahaan yang tidak menaruh perhatian penuh pada SEO dan tidak memberikan waktu yang cukup untuk menerima hasil demi menempuh peringkat tinggi di website pertama Google.

Selain, SEO memerlukan waktu dan cara kerja untuk melakukan optimasi halaman atau web secara menyeluruh agar timbul di mesin pencari. Sehingga diperlukan waktu dan teknik yang benar untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Bagaimana Metode Menuntaskannya?
Bahkan saatnya Anda memakai kesibukan SEO pada taktik digital marketing, agar customer semakin mudah menemukan laman bisnis Anda. Dalam mengerjakan optimasi web, Anda perlu membuat konten yang berkaitan dengan keperluan audiens.

Selanjutnya ini memudahkan Anda untuk menjangkau customer yang potensial dan relevan.

Anda juga perlu mengerjakan keyword research yang berarti mencari kata kunci yang acap kali dicari melewati mesin pencarian. Kecuali, Anda juga bisa memasukkan kata-kata kunci tersebut ke dalam laman website, untuk membantu menimbulkan pencarian di search engine.

Kecuali, Google akan menampakkan hasil yang paling relevan dengan kata kunci yang dicari. Cara itu, Anda juga bisa berkonsultasi kepada ahlinya, seperti KEBOSEO Digital yang telah berpengalaman dalam melaksanakan SEO.

Mencari bantuan professional untuk mengerjakan SEO juga harus dikerjakan dengan hati-hati sebab taktik SEO yang buruk bisa memberikan imbas yang tak bagus bagi sebuah bisnis.

Serahkan keperluan SEO Anda kepada KEBOSEO yang telah berpengalaman dan terbukti berhasil dalam mengerjakan SEO.

5. Website Remarketing

Kekeliruan besar lainnya yang kerap dilakukan dalam dunia digital marketing ialah menyampingkan calon customer yang telah menonjolkan minatnya pada bisnis Anda.

Cara, masih banyak business owner yang memilih konsentrasi untuk mendatangkan customer baru tiap hari nya tanpa memperhatikan calon customer yang sudah beratensi dengan produk atau jasa yang ditawarkan lho!

Metode potential customer telah menaruh ketertarikan pada produk Anda, tetapi mereka tak ditanggapi atau dilihat, maka mereka tidak segan untuk meninggalkan brand Anda. Nah, agar Anda tak kehilangan momentum tersebut, Anda perlu menjalankan remarketing!

Bagaimana Cara Menyelesaikannya?
Untuk menghindari kekeliruan ini, Anda perlu merencanakan dan membentuk taktik remarketing yang matang. Tujuan dari remarketing yaitu untuk mengingatkan mereka kepada brand kita. Customer akan merasa bersuka ria lho jikalau diperhatikan oleh brand kesayangannya.

Anda bisa mengerjakan surat elektronik marketing campaign untuk menonjolkan produk-produk yang mereka lihat sebelumnya atau mengingatkan mereka untuk langsung menuntaskan pembayaran sebelum barang kehabisan.

Metode itu, Anda juga bisa mengerjakan remarketing campaign dengan mengetahui apa yang mereka lihat sebelumnya di situs website, kemudian lacak kemana mereka pergi sesudah meninggalkan web Anda, lalu targetkan mereka dengan tayangan iklan untuk mengingatkan mereka tentang produk/jasa Anda.

6. Metode menerima Hasil Dalam Waktu Singkat

Masih banyak pebisnis yang berpendapat bahwa digital marketing akan mendatangkan hasil yang kencang, sebab teknologi komputerisasi juga berkembang secara kencang. Pernyataan ini tak sepenuhnya salah, karena akses yang didapatkan di dunia digital memudahkan Anda untuk menjalankan kegiatan pemasaran.

Karena, perlu diingat bahwa sasaran bisnis yang ingin Anda sasar yakni seorang manusia yang membutuhkan waktu untuk mengenali produk atau jasa yang ditawarkan. Mereka juga perlu mengetahui manfaat saat menggunakan produk/jasa Anda, sampai kesudahannya mereka merasa yakin bahwa produk/jasa Anda yakni solusi atas keadaan sulit.

Bagaimana Cara Memecahkannya?
Seperti yang kita tahu, teknologi komputerisasi berkembang betul-betul cepat, artinya algoritma media sosial maupun search engine kerap berubah tanpa kita sadari. Malahan media sosial ataupun search engine membutuhkan waktu untuk menemukan audiens yang pas untuk Anda.

Kemudian, tak segala target audiens Anda langsung berminat terhadap produk/jasa yang ditawarkan saat Anda pertama kali memposting atau memasang iklan di media sosial.

Tak strategi dan konsistensi dalam memposting sebuah konten di komputerisasi platform. Kecuali, seringkali dibutuhkan exposure lebih sebelum kesudahannya calon customer engage dengan konten atau mendapatkan iklan dari produk/jasa Anda.

7. Tak Mempunyai Data yang Tapi

Memanfaatkan data dan hasil analitik yang pas bisa menghasilkan ROI yang lebih bagus, serta mendapatkan insights yang dapat Anda manfaatkan untuk mengontrol strategi bisnis kedepannya.

Cara data yang jitu, penting untuk memastikan kegiatan marketing yang tepat sasaran. Sebab memiliki data yang terlalu banyak justru berbahaya taktik marketing Anda bila tak dipakai secara benar. Mungkin Anda merasa kesusahan dalam menginterpretasi data-data yang dikasih, atau merasa kebingungan apa yang patut dijalankan berikutnya?

Bagaimana Sistem Menuntaskannya?

Awali dengan memutuskan key performance indicators (KPI) sebelum melaksanakan campaign, kemudian amati metrik-metrik yang berkeinginan Anda ukur secara berkala .

KPI menandakan tujuan-tujuan yang berkeinginan Anda capai, entah peningkatan jumlah visitor situs, jumlah orang yang mengisi lead form, customer mana yang langsung mengunjungi toko Anda, jumlah customer yang seketika melakukan pembelian, dan sebagainya.

Tak ada jawaban yang pasti mengenai data mana yang patut dipantau, sebab tiap-tiap bisnis mempunyai tujuan yang berbeda-beda. Karena, Anda dapat mencoba Google Analytics untuk mendapatkan data secara mendalam mengenai web traffic atau gunakan Instagram Insights untuk mengevaluasi keberhasilan social media campaign.

Pastikan Anda melihat data yang ideal dan berarti bagi bisnis Anda dikala mengolah data yang didapat dari effort komputerisasi marketing Anda!

8. Ideal Terlalu Banyak Mempunyai Tanpa Arahan yang Kesudahannya
Metode beberapa opsi untuk melakukan taktik marketing memang dibutuhkan, melainkan terlalu banyak opsi akan membuat Anda merasa kewalahan untuk memutuskan taktik mana yang didahulukan. Cara, banyak metrik-metrik yang terabaikan dan tak memberikan hasil terbaik.

Dikala Anda sibuk melakukan bisnis, kemungkinan besar Anda tidak senantiasa memiliki waktu untuk konsentrasi mengendalikan taktik marketing selanjutnya. Berikutnya ini dapat menyebabkan Anda membuang-membuang kekuatan dan uang untuk digital campaign yang tak ada akibatnya.

Bagaimana Metode Menuntaskannya?
Salah satu sistem untuk menghindari kekeliruan komputerisasi marketing ini, Anda bisa mengandalkan ahlinya untuk memegang taktik pemasaran bisnis Anda kedepannya.

sama dengan pakar digital marketing, seperti tim yang kami miliki di KEBOSEO, mempermudah Anda untuk mendapatkan kesuksesan komputerisasi marketing campaign sesuai dengan arahan yang tepat.

KEBOSEO merupakan digital marketing agency di Indonesia yang sudah berpengalaman dalam menangani client di beraneka industri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.